Rabu, 03 Februari 2016

Vitamin Mencegah Pilek, Keriput hingga Kanker

Vitamin Mencegah Pilek, Keriput hingga Kanker

Zaman berubah begitu juga pengetahuan kita tentang khasiat vitamin dan mineral untuk tubuh kita. Ketika kita kecil, pengetahuan yang kita dapat adalah, vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin B untuk kesehatan saraf, dan vitamin C untuk kulit yang sehat.

Khasiat Vitamin


Saat ini, setelah melalui berbagai penelitian, pengetahuan kita tentang vitamin kian bertambah. Berikut adalah berbagai khasiat mengkonsumsi vitamin dalam pencegahan terhadap berbagai penyakit.

Vitamin A/BETA-CAROTENE
Di tahun 1928, seorang peneliti Inggris menjuluki vitamin A sebagai vitamin anti infeksi karena vitamin ini bekerja sangat baik melawan infeksi. Khasiat ini nyaris terlupakan sampi awal tahun 1980-an, ketika Aflred Sommers M.D., menemukan, vitamin A dalam dosis tertentu dapat mencegah kematian akibat cacar/campak.

Begitu juga infeksi saluran pernapasan, menghambat perkembangan retinitis pigmentosa yang dapat menyebabkan kebutaan. Vitamin A juga berperan penting dalam menjaga agar kulit tetap sehat, merangsanh pertumbuhan sel kulit baru dan memelihara jaringan. Juga digunakan sebagai pengobatan setempat untuk perawatan kulit kering, berkerut halus, dan kulit yang rusak akibat terbakar sinar matahari.

Vitamin B1
Beberapa obat diuretic mengeluarkan vitamin B1 dari tubuh dan ikut pencetus gagal jantung. Suplemen vitamin B1 dapat menggantikan kehilangan ini. Ketidak warasan pikiran diduga juga terkait kuat dengan kekurangan vitamin B1. Pada anak-anak, kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan gejala yang seperti infeksi seperti demam dan membesarnya kelenjar getah bening.

Vitamin B2
Vitamin B2 diperlukan tubuh untuk memproduksi energi. Dalam sebuah penelitian Eropa memberikan suplemen vitamin B2 dan vitamin-vitamin lainnya pada penderita kelainan genetic yang membuat mereka lelah setiap saat. Ternyata sesudah itu stamina dan kekuatan mereka meningkat.

Vitamin B6
Vitamin ini terutama berkhasiat pada penderita sindrom saluran carpal dan kelainan gerakan lainnya. Juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh terutama dalam menghadapi racun. Asupan yang rendah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan melemahnya fungsi sistem kekebalan pada orang-orang lanjut usia. Merupakan zat anti dermatitis yang dapat mencegah penyakit kulit.

Vitamin B12 
Para vegetarian berisiko menderita kekurangan vitamin B12 karena daging merupakan sumber yang paling kaya vitamin ini. Sebagian orang lanjut usia juga kekurangan vitamin ini. Jika makanan kekurangan vitamin B12 atau penyerapannya buruk, bisa menimbulkan sulit mengingat, tak ada nafsu makan dan tidak berenergi.

Vitamin C 
Seorang peneliti Finlandia menemukan dan membenarkan bahwa vitamin C dapat mengurangi gejala pilek sampai sepertiganya. Vitamin C dosis tinggi juga dapat memperpanjang hidup pasien kanker yang sudah tak tersembuhkan. Juga terdapat bukti kuat, vitamin C dapat mengurangi bekuan di pembuluh arteri, menguatkan dindingpembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah. Vitamin C juga merupakan antioksidan alami yang menstimulasi produksi kolagen sehingga kulit tetap kenyal dan elastis.

Vitamin E
Merupakan antioksidan yang dapat membantu pemulihan luka. Sangat baik untuk kulit kering dan bibir yang pecah-pecah. Berkhasiat menghaluskan dan menyegarkan kulit, mencegah keriput, serta mencegah hiperpigmentasi, termasuk kanker kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar